Tutorial Dasar FaceGen

FaceGen merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk membuat 3D Model untuk wajah. Software ini semi photogrammetry yang mengubah photo menjadi 3D. Untuk mengubah photo menjadi 3D wajah dengan menggunakan software ini hanya memerlukan beberapa langkah saja. Sehingga dapat mengefisiensi waktu 3D artist untuk membuat model dari karakter yang ingin dibuatnya. Pada artikel tutorial dasar FaceGen ini, kami akan menunjukkan bagaimana caranya membuat 3D Model wajah dengan mudah.

Jika anda ingin belajar tutorial dasar FaceGen ini melalui video, anda juga bisa melihatnya di sini :

Software ini dapat anda unduh di website resminya : facegen.com . Pada website resminya ini tersedia berbagai tipe software dengan harga dan kapabilitas yang berbeda. Anda juga dapat mengunduh versi demonya. Tetapi dengan konsekuensi pada model anda nantinya akan terdapat cap yang menandakan bahwa software tersebut masih versi demo.
Pada tutorial ini kami menggunakan FaceGen Artist Pro 2.1 yang hanya dapat membuat model untuk di export ke Daz3D. Model dari FaceGen dapat dipasangkan dengan karakter template seperti Genesis 8 di software ini. Meskipun demikian kita tetap dapat menghasilkan model yang cukup baik yang dapat digunakan untuk membuat karakter yang lebih advance.

Tutorial Dasar FaceGen

Tutorial Dasar FaceGen

1. Buka Software FaceGen dan pilih tab Create

2. Pilih photo tampak depan, samping kiri dan kanan model wajah yang akan digunakan dengan mimik yang sama. Klik next

3. Klik titik-titik pada wajah dengan poin seperti yang diperintahkan pada contoh photo yang ada di bagian kanan atas software. Jika anda sulit menentukan titik-titk pada photonya anda dapat memperbesar photo dengan mengklik tombol + di sebelah zoom

4. Klik tombol “Create” agar photo-photo tersebut dapat diproses

5. Pilih tab “File”, “Genesis 8” untuk sub tab-nya dan “Male” untuk dibawahnya. Isi Parameter Name dengan nama karakter anda. Pilih folde untuk exportnya di “Export to Daz content directory. Pilih Defaul (G8M Base)

6. Custom color maps dapat anda cari pada folder daz map yang digunakan pada genesis 8. Berisi gambar untuk masing-masing mapnya (Face, Arms, Legs, Torso). Kemudian tekan tombol Export

7. Jangan lupa safe file FaceGen di komputer anda agar dapat digunakan dikemudian hari

3D dari model wajah ini nanti dapat kita gunakan untuk membuat model dengan Genesis 8 pada Daz3D. Permodelan ini akan dijelaskan pada tutorial yang selanjutnya.

Silahkan isi kolom komentar untuk pertanyaan yang ingin anda sampaikan terkait tutorial ini.

Tutorial Dasar FaceGen

Navigasi pos


Satu tanggapan untuk “Tutorial Dasar FaceGen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *