FaceGen ke Daz

Setelah sebelumnya kita belajar untuk membuat 3D Wajah dengan menggunakan FaceGen, kita dapat menggunakan model tersebut di Daz3D. Dalam tutorial FaceGen ke Daz ini kita akan menggabungkan model wajah dari FaceGen dengan Genesis 8 Daz3D. Genesis 8 merupakan salah satu template karakter yang ada di Daz3D studio. Dengan tutorial ini kita mendapatkan model fullbody untuk dapat digunakan untuk keperluan lebih lanjut.

Anda juga dapat mengikuti tutorial ini melalui video dibawah ini

Selain menggunakan Daz3D, kita juga akan memakai Adobe Photoshop untuk memperbaiki map dari FaceGen yang masih belum sempurna.

FaceGen ke Daz

1. Setelah kita membuka Daz3D, kita lanjutkan membuka tab “Smart Content” yang ada di sebelah kiri.

FaceGen ke Daz

2. Pada menu yang ada pada tab ini kita pilih “Figures”, pada dropdown menu kita lanjut memilih “Genesis 8 Starter Essentials” pada jendela disebelahnya.

3. Setelah muncul tab yang beru muncul dengan nama “Products” pada bagian dropdown menunya kita pilih “Figures-Male” dan kita pilih “Genesis 8 Basic Male” pada jendela yang ada disebelahnya.

FaceGen ke Daz

4. Saat karakter genesis 8 sudah ada di jendela kerja, mungkin saja previewnya muncul dengan NVidia iRay. Sebaiknya render previewnya di ubah menjadi Texture Shaded agar lebih ringan dikerjakan.

5. Lalu buka tab “Shaping” di jendela sebelah kiri monitor anda, sambil model terpilih aktif buka Dropdownnya dan klik “head”

FaceGen ke Daz

6. Pada kolom paling kanan, pilih “nama karakter” yang telah anda 3D-kan wajahnya tadi dan geser hingga 100%

7. Kemudian untuk mengaplikasikan map yang sudah kita buat dengan menggunakan FaceGen, kita buka tab “Surface”. Pada dropdown menu “Genesis 8 Male” kita pilih “Surface”

FaceGen ke Daz

8. Pada tiap-tiap dropdown menu yang ada dibawahnya kita input mapping yang sudah kita buat dengan menggunakan FaceGen pada tab “Base Color”

FaceGen hanya menghasilkan 5 Mapping, namun demikian mapping tersebut sudah cukup bagi kita untuk diaplikasikan pada model kita yang ada di Daz3D.

Perbaikan Mapping

9. Untuk memperbaiki mapping pada bagian pipi model kita, kita menggunakan Adobe Photoshop yang dapat terhubung dengan model yang kita miliki di Daz3D. Dengan kondisi DAz3D dan Adobe Photoshop sudah terbuka, buka “File” pada menu utama di Daz dan pilih “Initialize Photoshop 3D Bridge”

10. Pada Adobe Photoshop kita pilih “File-Automate-Daz Studio Bridge” yang akan memunculkan Jendela “Daz Studio 3D Bridge”

11. Kemudian kita pilih “Import Image Maps” yang akan memunculkan jendela “Daz Studio Image Maps Import” dan kita pilih image map yang akan kita edit yaitu bagian muka “Face” lalu kita klik import.

12. Setelah itu akan terbuka dua tab image dan yang perlu kita edit adalah image “Face”.

13. Kami menggunakan “Spot Healing Brush” untuk memperbaiki bagian image yang rusak.

14. Setelah selesai kita edit kita tinggal menekan tombol “Export Image Maps” pada jendela “Daz Studio 3D Bridge” dan mapping pada model kita di Daz 3D sudah otomatis berubah.

15. Kembali ke software Daz Studio, untuk keperluan preview kita dapat memberikan pakaian pada model kita dengan memilih “Wardrobe” pada dropdown menu yang ada pada tab “Smart Content”

16. Kami menggunakan “Basic Wear Outfit 2” sebagai pakaian untuk model kami.

Selain mengguanakan template pakaian yang ada pada Daz 3D ini, kita juga dapat membuat pakaian sendiri dengan menggunakan Marvelous Designer atau software yang lain sesuai dengan kebutuhan kita.

17. Pada software ini kita juga dapat mengaplikasikan Pose tertentu untuk model kita dengan menggunakan template pose yang sudah tersedia. Untuk mengaplikasikan template pose yang sudah tersedia kita buka tab “Posing” dan memilih pose yang kita inginkan.

18. Setelah semua proses tadi kita lewati, kita dapat me render model kita dengan menggunakan iRay yang tersedia di software ini.

Sebagai kesimpulan, melalui tutorial ini kita mempelajari berbagai hal sebagai berikut :

  1. Mengaplikasikan model wajah yang kita buat di FaceGen ke Daz 3D Studio
  2. Memperbaiki map wajah dengan menggunakan photoshop
  3. Memberikan pakaian pada model kita
  4. Dan me render model yang kita buat dengan menggunakan iRay

Semoga tutorial ini dapat memberikan manfaat bagi anda yang sedang belajar menggunakan software ini. Jika ada pertanyaan yang ingin disampaikan silahkan tuliskan pada kolom komentar yang ada dibawah ini.

FaceGen ke Daz 3D Studio

Navigasi pos


Satu tanggapan untuk “FaceGen ke Daz 3D Studio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *